Sunday, May 5, 2019

Kedatangan si Lampu Merah Saat Ramadhan?? Ups, Jangan Takut! Ini Dia Amalan Yang Bisa Kamu Lakukan

ilustrasi freepick.com


Kedatangan si Lampu Merah Saat Ramadhan?? 😢😢😢😢😢


Marhaban Ya Ramadhan


Wah... tak terasa hari ini tepatnya Senin, tanggal 06/05/19 kita menjalankan Ibadah Puasa dihari pertama. Semoga ya dengan adanya moment Ramadhan ini bisa semakin mendekatkan kita kepada Allah SWT.
Amin...

Oya, tapi bagi sebagain wanita kayaknya dalam menyambut Ramadhan kali ini bisa jadi enggak bersemangat. Kok gitu?

Iya, karena yang tadinya excited banget bisa makan sahur, buka bareng, tarawih, ngaji dan melaksanakan amalan-amalan sunnah lainnya tetapi tiba-tiba malah kedatangan si Lampu Merah.  Iya, tamu wajib yang harus datang kepada kaum wanita setiap bulannya.

Syukur sih, karena itu kan tandanya kita normal ketimbang enggak datang sama sekali. Wah.. bisa bahaya atuh.. apalagi kalau telatnya sampe berbulan-bulan. Bakalan muncul perasaan yang enggak-enggak nih. Hehe

"Jangan-jangan, aku..😨😨😨😨😨", Eitss.. jangan sampe lah ya.


Nah, bagi kamu kaum ladies jangan khawatir loh kalau kamu enggak bisa melakukan amal ibadah meskipun si lampu merah datang.
Masih banyak kok jenis amalan-amalan yang bisa kamu lakukan. Untuk lebih jelasnya yuk, simak aja artikelnya nya.


Ini Dia Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat HAID (MENSTRUASI) di Bulan Ramadhan


1) Mumpung enggak ikut buka puasa, Kenapa Kamu ENggak Bantuin bikin hidangan buat buka Puasa

Girls yang namannya mau mendapatkan berkah sepanjang Ramadhan banyak sekali loh cara yang bisa dilakukan. Kalau memang kamu lagi terkendala untuk berpuasa karena lagi halangan, jangan jadikan ini sebagai sebuah beban dong.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ya dengan membantu membikin hidangan buka buat orang-orang yang berpuasa. Kamu bisa masakin takjil untuk keluarga atau sanak saudara kamu yang sedang berpuasa.
Bisa juga sih kamu masakin takjil terus nanti bisa dikasih ke masjid kalau memang ada acara buka puasa di masjid bareng.

Menyediakan hidangan buka puasa atau istilahnya (Iftar) bakalan dapat pahala loh.

Gimana? Gampang kan?
Yuk, ladies masakin hidangan buat buka puasa kalau gitu.

2) Beramal dengan membantu orang lain
Seperti yang aku bilang barusan kalau beramal itu banyak sekali cara yang bisa dilakukan dan sebenarnya sangat mudah loh caranya.
Misalnya saja cara yang kedua ini kamu bisa beramal dengan membantu orang lain.

Nah, kalau tips dari aku ya, kalau misalnya aku lagi berhalangan aku bakalan kerja lebih banyak dirumah. Yang biasanya kerja aku cuma bagian mencuci pakaian sepanjang aku tidak berpuasa aku bakalan mau tuh ngerangkap kerja kakak aku yang bagian menyapu pekarangan.

Karena mereka berpuasa yaudah aku aja yang kerjakan ikhlas.

Selain kamu dapat pahala, mereka juga pastinya bakalan senang dengan bantuanmu. Tapi intinya ikhlas ya guys.

3) Perbanyak Bersedekah
Di bulan yang suci ini cobalah ladies kamu perbanyak amalan dengan memberikan sedekah. Apalagi di bulan Ramadhan banyak lembaga-lembaga sosial yang menerima donasi dan uang yang diberikan nanti sebagai takjil buat anak-anak di panti Asuhan atau anak-anak di Pesantren.

Mulia sekali kan girls.
Oya, hal ini juga dipertegas dalam riwayat HR. Muslim, Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Wahai kaum wanita! Bersedekahlah kamu dan perbanyakkanlah istighfar. Karena, aku melihat kaum wanitalah yang paling banyak menjadi penghuni Neraka"

4)Memperbanyak Dzikir dan Do'a

Sekalipun dalam keadaan tidak suci kita masih bisa melakukan amalan loh girls, seperti berdzikir, berdoa dan beristigfar.

Dengan banyak mengingat dan menyebut  nama Allah tentunya itu akan membuat kita mendapatkan pahala dan menyejukkan hati kita.


5) Mencari Ilmu

Saat Ramadhan tiba coba deh girls, kamu melakukan hal-hal positif yang bernilai ibadah,  cobalah untuk mencari ilmu-ilmu baru yang bisa mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Misalnya saja dengan membaca suroh, hadist ataupun kajian-kajian yang bermanfaat. Apalagi sekarang ini udah zaman smartphone banyak kok kajian online (kajol) yang diselenggarakan oleh komunitas-komunitas keagamaan.


Kalau yang pernah aku jalanin sih kajol di Odosina Keistimewaan Ramadhan banyak tidaknya aku udah tahu hal-hal yang harus dilakukan selama Ramadhan. Dan aku yakin masih banyak lagi komunitas diluaran sana yang bermanfaat.


Demikianlah beberapa amalan yang bisa kamu lakukan selama Ramadhan ya girls bagi yang kedatangan tamu si Lampu Merah.

Semoga bisa diamalkan. Hehe


#DAY1
#bianglalahijrah 
#onedayonepost30hrdc
#writingchallenge30hrdc
#30hariramadhandalamcerita


8 comments:

  1. assalamualaikum, salam kenal aku dari WahDays blog.. bener banget kadang sebagai muslimah kita khawatir gimana dengan ibadah kita di bulan ramadan saat sedang berhalangan. infonya sangata bermanfaat. ditunggu follow dan bw nya ke WahDays..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya kak.

      Iya nih betul banget apalagi yang kaum cewek kalau lagi M sering merasa tersingkir. Hehee

      Delete
  2. Semangat puasanya bagi kaum hawa yang tidak kedatangan tamu 😁😂🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah. Kenapa aku jadi malu membahas hal ini saat ada kaum adam.

      Delete
  3. Saya pernah hari pertama kedatangan tamu. Rasanya gimana gitu mau makan susaah mau minum ngumpet dulu di kamar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending mbak. Tapi paling ngeselin kalo g ad lauk buat makan.

      Mau beli keluar gimana gitu..

      Delete
  4. datang bulan bukan lagi penghambat hehe

    ReplyDelete

SI MANTAN YANG AKU SAYANG UDAH NIKAH, EH CINTAKU MALAH DITOLAK GEBETAN

Nyesekkk bangett... tahu enggak sih Mantan aku yang pergi ninggalin disaat masih sayang-sayangnya eh malah balik... dan ngajakin aku buat ...